Skip to main content

Hulu Kelang, 14 Agustus 2023. Dalam rangka mewarnai kemerdekaan republik Indonesia, siswa di SB Hulu Kelang banyak belajar mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia. Para siswa sangan tertarik dengan hal itu dikarenakan mereka ingin mengetahui lebih banyak mengenai Indonesia melalui materi pembelajaran yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN Kemitraan Internasional.

Tujuan siswa SD belajar tentang sejarah kemerdekaan adalah untuk memahami dan menghargai perjuangan bangsa dalam mencapai kemerdekaan dari penjajahan. Melalui pembelajaran sejarah kemerdekaan, siswa diharapkan dapat Mengetahui Asal-Usul Kemerdekaan: Siswa akan memahami bagaimana bangsa Indonesia mengalami penjajahan dan bagaimana perjuangan para pahlawan serta rakyat dalam mencapai kemerdekaan.

Menghargai Nilai-Nilai Keberanian dan Kepahlawanan: Pembelajaran ini akan menginspirasi siswa untuk menghargai nilai-nilai seperti keberanian, semangat perjuangan, dan keadilan yang ditunjukkan oleh pahlawan-pahlawan nasional. Memahami Makna Kemerdekaan: Siswa akan belajar tentang arti penting kemerdekaan, termasuk hak-hak dasar yang dijamin oleh negara merdeka, seperti hak untuk hidup bebas dan berdaulat. Menguatkan Identitas Nasional: Pembelajaran tentang sejarah kemerdekaan dapat membantu siswa merasa bangga sebagai warga negara Indonesia dan mengidentifikasi diri mereka dengan perjuangan sejarah bangsa. Dengan mempelajari sejarah kemerdekaan, siswa SD diharapkan akan menjadi generasi yang menghargai nilai-nilai perjuangan, memiliki rasa nasionalisme, dan siap berkontribusi dalam memajukan Indonesia.

Di SB Hulu Kelang mereka diajarkan tentang tokoh-tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang disebut pahlawan. Pahlawan Indonesia adalah mereka yang memberikan kontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan dan dalam memajukan negara. Contohnya, Bung Karno (Soekarno) dan Bung Hatta (Mohammad Hatta) adalah pahlawan yang berjuang keras untuk merdeka dan mendirikan Indonesia, selain itu pahlawan ini tidak hanya menjadi simbol sejarah, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai seperti, persatuan, patriotisme dan semangat perubahan bagi generasi selanjutnya. Selain pahlawan, anak-anak juga diajarkan tentang presiden. Presiden adalah pemimpin tertinggi negara yang dipilih oleh rakyat. Presiden memimpin negara dan mengambil keputusan Penting. Contoh presiden Indonesia termasuk Soekarno, yang menjadi presiden pertama setelah kemerdekaan, dan Joko Widodo, yang merupakan presiden saat ini.

Dalam hal ini siswa Menulis nama tokoh pahlawan dan persiden di papan tulis dengan memperkenalkan nama-nama tokoh pahlawan dan presiden Indonesia. Mereka diajarkan tentang tokoh-tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang disebut pahlawan. Pahlawan Indonesia adalah mereka yang memberikan kontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan dan dalam memajukan negara. Contohnya, Bung Karno (Soekarno) dan Bung Hatta (Mohammad Hatta) adalah pahlawan yang berjuang keras untuk merdeka dan mendirikan Indonesia, selain itu pahlawan ini tidak hanya menjadi simbol sejarah, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai seperti, persatuan, patriotisme dan semangat perubahan bagi generasi selanjutnya. Selain pahlawan, anak-anak juga diajarkan tentang presiden. Presiden adalah pemimpin tertinggi negara yang dipilih oleh rakyat. Presiden memimpin negara dan mengambil keputusan Penting. Contoh presiden Indonesia termasuk Soekarno, yang menjadi presiden pertama setelah kemerdekaan, dan Joko Widodo, yang merupakan presiden saat ini.

Dengan ini melibatkan gerakan fisik dan penglihatan langsung, menulis di papan tulis mampu memfasilitasi proses belajar siswa serta meningkatkan interaksi mereka dengan materi pembelajaran. Lebih dari itu, penggunaan papan tulis juga mampu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif serta daya ingat siswa. Oleh karena itu, menulis di papan tulis menjadi metode pembelajaran yang sangat efektif dan bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pendidikan siswa.

Selain itu siswa juga di arahkan untuk mrnggambar segala sesuatu yang berkaitan dengan Indonesia seperti Pahlawan, rumah adat, peristiwa sejarah, presiden dan masih banyak lainnya hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami nilai-nilai positif seperti keberanian, semangat perjuangan, patriotisme, dan rasa tanggung jawab terhadap negara dan sesama. memperkenalkan siswa pada tokoh-tokoh sejarah penting dalam perjuangan kemerdekaan dan pembentukan negara. Ini membantu siswa memahami peran pahlawan dalam sejarah bangsa selain itu Aktivitas menggambar memperkuat keterampilan motorik halus siswa, seperti mengendalikan pena atau pensil, menggambar garis-garis dan bentuk-bentuk, serta mengembangkan koordinasi mata dan tangan.

Dalam kelas , siswa memiliki kesempatan yang luar biasa untuk mengembangkan keterampilan seni mereka dengan kebebasan yang tak terbatas. Mereka diberi kebebasan untuk menggambar apa pun yang mereka inginkan, mulai dari gambar hewan yang realistis hingga objek yang menarik, bahkan hingga hal-hal yang hanya ada dalam imajinasi mereka. Pendekatan ini bertujuan untuk mendorong siswa agar berkreasi dengan lebih baik dan mengeksplorasi ekspresi seni secara bebas. Dengan kebebasan ini, siswa dapat merasakan kegembiraan dan kepuasan dalam menghasilkan karya-karya seni yang benar-benar unik dan penuh dengan imajinasi mereka sendiri. Tidak hanya itu, namun pendekatan ini juga berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengembangkan kreativitas mereka dan membangun keterampilan seni yang tak ternilai harganya Dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk menggambar apa pun yang mereka inginkan, baik itu hewan, objek, atau bahkan hal-hal yang hanya ada dalam imajinasi mereka, mereka dapat menemukan cara mereka sendiri dalam mengembangkan keterampilan seni yang unik. Pendekatan ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam mengembangkan kreativitas dan membangun keterampilan seni yang mengesankan. Siswa diharapkan bisa bersemangat dan mampu menggambar impian mereka menjadi karya seni yang mengesankan.

 Sementara itu dalam kelas khusus siswa diajarkan menulis di papan tulis untuk mampu mengasah  keterampilan mengeja dan tata bahasa mereka. Melalui latihan menulis di papan tulis, siswa dapat melihat dengan jelas bagaimana kata-kata dieja dan kalimat-kalimat dibentuk. Ini dapat membantu mereka memahami aturan penulisan dengan lebih baik. Selain itu, melibatkan gerakan tangan saat menulis juga membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan, yang diperlukan dalam proses menulis dengan baik dan rapi.

Selain keterampilan mengeja dan tata bahasa, menulis di papan tulis juga membantu siswa mengembangkan kemampuan membaca. Ketika siswa diminta untuk membaca apa yang mereka tulis di papan, mereka belajar untuk berbicara dengan jelas dan percaya diri. Ini adalah keterampilan penting yang akan berguna dalam berbagai situasi.Dengan demikian, menulis di papan tulis tidak hanya berpengaruh pada kemampuan menulis, tetapi juga secara luas membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi yang esensial dalam perkembangan mereka.

Dengan berbagai pendekatan yang telah dilakukan diharapkan agar siswa dapat menanamkan rasa cinta kepada Tanah air sehingga membantu siswa mengenali diri mereka sebagai bagian dari suatu bangsa, budaya, dan sejarah yang kaya. Ini membentuk pemahaman tentang identitas nasional mereka dan dalam membentuk karakter, nilai, dan sikap positif siswa terhadap negara dan masyarakat. Ini membantu menciptakan generasi yang memiliki rasa tanggung jawab, semangat patriotisme, dan keterlibatan aktif dalam memajukan negara.

Leave a Reply